Selasa, 26 Maret 2019

WISATA AMFOANG TENGAH, EAST NUSA TENGGARA-INDONESIA


Kecamatan Amfoang Tengah secara administrative termasuk dalam wilayah Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Terdapat 4 desa yakni Desa Fatumonas, Bitobe, Bonmuti, dan Binafun. Kali ini saya hanya akan membahas perjalanan saya  melihat potensi pariwisata yang ada diwilayah Amfoang Tengah. Sudah cukup lama saya ingin mengunjungi daerah Amfoang khususnya Amfoang Selatan. Keinginan ini berawal dari postingan teman saya, dari situ saya tertarik untuk berkunjung dan akhirnya menjadi kenyataan di bulan Februari 2019.

Hari pertama tiba di Amfoang selatan dan mengelilingi beberapa objek wisata yang ada, dan keesokannya kami memutuskan untuk berkunjung ke Amfoang Tengah. Dari Ibukota Kecamatan Lelogama, diperluhkan waktu sekitar 40-50 menit perjalanan untuk mancapai tempat yang ingin kami kunjungi. Perjalanan diawali dengan jalan bebatuan terjal yang tidak begitu bagus. Selama perjalanan mata saya terkagum pada pemandangan alam nan hijau disisi kiri dan kanan jalan.

Tempat pertama yang saya kunjugi adalah sebuah Cekdam didekat kantor desa Fatumonas. Cekdam ini menawarkan panorama alam yang indah dengan beberapa pepohonan dengan batang putih nan eksostis yang kokoh ditengah dan samping cekdam. Perjalanan dilanjutkan ke Bukit Lulan. Sepanjang perjalanan saya dibuat terpukau oleh panorama alam yang begitu indah, akibatnya kendaraan saya terperosok akibat tidak focus melihat jalan. Bukit Lulan merupakan sebuah bukit yang cukup tinggi sehingga kendaraan harus diparkir dan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 10-15 menit. Dari ketinggian kita dapat menyaksikan alam yang sangat hijau dengan hewan yang berkeliaran bebas menikmati rumput yang terbentang bak karpet hijau. Di sisi lainnya terdapat jurang yang cukup dalam dan berbahaya karena tiupan angina yang cukup kencang. Setelah puas menikmati alam yang indah, kami bertiga memutuskan untuk pulang. Perjalanan pulang memakan waktu yang lebih lama sekitar 6 jam 30 menit hal karena akses jalan yang buruk ditambah dengan kabut yang cukup tebal dan rintik hujan yang berakibat pada jalan yang licin.


Bukit Lulan, Amfoang Utara
Bukit Lulan, Amfoang Utara
Bukit Lulan, Amfoang Utara
Bukit Lulan, Amfoang Utara
Bukit Lulan, Amfoang Utara

Cekdam Fatumonas, Amfoang Utara
Cekdam Fatumonas, Amfoang Utara


Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search